Rabu, 01 Juli 2009

<span style="display: none;" class="icon"><link rel="shortcut icon" href=...

Zanikhan Sadeli has posted a new blog entry.


Manage alerts settings

Blog Entry.:: Official WebPosted by Zanikhan on Jul 2, '09 5:32 AM for everyone
Official Weblog Zanikhan h1 a:hover {background-color:#888;color:#fff ! important;} div#emailbody table#itemcontentlist tr td div ul { list-style-type:square; padding-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div blockquote { padding-left:6px; border-left: 6px solid #dadada; margin-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div li { margin-bottom:1em; margin-left:1em; } table#itemcontentlist tr td a:link, table#itemcontentlist tr td a:visited, table#itemcontentlist tr td a:active, ul#summarylist li a { color:#000099; font-weight:bold; text-decoration:none; } img {border:none;}

<span style="display: none;" class="icon"><link rel="shortcut icon" href="http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/79.gif" type="image/x-icon /"></link></span><!-- Awal tag // // --><a href="http://www.zanikhan.multiply.com"><b>.:: Official Web


Indonesia-Selandia Baru Bahas Sertifikasi Halal

Posted: 30 Jun 2009 11:46 PM PDT

By Republika Newsroom
Kamis, 25 Juni 2009

JAKARTA--Indonesia dan Selandia Baru masih terus membicarakan tentang sertifikasi halal daging sapi yang diimpor dari negara itu. Menlu Hassan Wirajuda mengutarakan, soal sertifikasi halal merupakan persyaratan yang sepenuhnya ditetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal ini termasuk proses pemotongan dan pengolahan daging. Di Selandia Baru, sebelum disembelih, sapi dibuat pingsan terlebih dahulu. Persoalannya, jika sapi itu dipotong sudah menjadi bangkai, maka bagi Muslim itu tak bisa dikonsumsi.

"Jadi masalah ini sangat teknis. Syaratnya mungkin sudah ditetapkan dan diterima oleh Selandia Baru namun prosesnya, untuk memastikan syarat itu terpenuhi butuh waktu," katanya usai bertemu Menlu Selandia Baru, Murray McCully, di Jakarta, Kamis (25/6).

MUI memberikan waktu bagi Selandia Baru hingga Oktober. Hassan mengungkapkan, kemungkinan MUI juga memiliki fleksibilitas dalam melakukan pembicaraan soal hal sertifikasi halal tersebut.

Indone...



MUI Akui 8 Lembaga Sertifikasi Halal Australia

Posted: 30 Jun 2009 11:45 PM PDT


By Republika Newsroom
Jumat, 26 Juni 2009

BRISBANE--Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengakui lembaga sertifikasi halal Australia bagi produk daging ekspor negara itu ke pasar Indonesia. Mereka dinilai telah memenuhi aturan dan standardisasi halal MUI.

"Ada delapan yang kita akui," kata Ketua MUI, KH Ma'ruf Amin. Ia menjadi pembicara tentang peran dan tanggung jawab MUI terhadap kemaslahatan umat Islam Indonesia dalam acara silaturahmim dengan puluhan anggota Perhimpunan Komunitas Muslim Indonesia di Brisbane (IISB), Rabu (24/6) lalu.

Namun Ma'ruf Amin tidak merinci nama-nama kedelapan lembaga sertifikasi halal Australia yang telah mendapat rekomendasi MUI tersebut. Ia mengatakan, kunjungannya bersama sejumlah pengurus MUI Pusat lainnya selama sepekan ke Melbourne, Sydney, dan Brisbane, sejak 20 Juni berkaitan dengan tugas MUI melindungi konsumen Muslim Indonesia yang mengonsumsi daging impor dari Australia.

Selain Ma'ruf Amin, turut serta dalam delegasi pengurus MUI Pusat ke A...



Depag: Tidak Ada Instruksi Tunda Haji 2009

Posted: 30 Jun 2009 11:43 PM PDT

By Republika Newsroom
Senin, 29 Juni 2009

BANDA ACEH--Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Provinsi Aceh menyatakan tidak menerima instruksi penundaan haji untuk tahun 2009.

"Kita tidak menerima instruksi tentang penundaan ibadah haji 2009," kata Kepala Kanwil Depag Provinsi Aceh, H. A. Rahman TB yang dihubungi ANTARA di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan berkaitan permintaan agar pemerintah pusat menunda pengiriman jamaah haji Indonesia tahun ini, menyusul keputusan fatwa haram Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat terhadap vaksin meningitis bagi calon jamaah haji.

A. Rahman TB mengatakan, sistem haji di Indonesia bersifat nasional dan bukan regional, sehingga pihak penyelenggara haji di setiap daerah tetap merujuk pada keputusan pemerintah pusat.

"Penyelenggaraan haji bersifat nasional dan bukan regional. Daerah tidak punya hak memutuskan penundaan. Lagipula kita belum menerima keputusan dari pemerintah pusat mengenai penundaan keberangkatan haji 2009," ...



Shafa dan Marwah Simbol Kewajiban Manusia untuk Berusaha

Posted: 30 Jun 2009 11:37 PM PDT

By Republika Newsroom
Senin, 29 Juni 2009

Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah

Bukit Shafa dan Marwah adalah dua buah bukit yang terletak dekat dengan Ka'bah (Baitullah). Bukit Shafa dan Marwah ini memiliki sejarah yang sangat penting dalam dunia Islam, khususnya dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Bukit Shafa dan Marwah yang berjarak sekitar 450 meter itu, menjadi salah satu dari rukun haji dan umrah, yakni melaksanakan Sa'i.

Ibadah Sa'i adalah berjalan kaki dan berlari-lari kecil di antara kedua bukit tersebut, sebanyak tujuh kali (bolak-balik) dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. Dan, ketika melintasi Bathnul Waadi, yaitu kawasan yang terletak di antara Bukit Shafa dan Marwah (saat ini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau), para jamaah pria disunahkan untuk berlari-lari kecil, sedangkan untuk jamaah wanita berjalan cepat. Ibadah Sa'i boleh dilakukan dalam keadaan tidak berwudhu dan oleh wanita yang datang haid atau nifas.

Jauh se...



Pencuri Nginap Sepekan di Rumah Korban

Posted: 30 Jun 2009 11:32 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

BEIJING-- Polisi menyatakan seorang pria memasuki satu rumah di Cincinnati, Ohio, AS, dan tetap berada di sana selama satu pekan, sambil nonton televisi dan tidur di ruang tidur utama, sementara keluarga pemilik rumah sedang berlibur, demikian laporan media Selasa (30/6).

Departemen Sheriff Kabupaten Hamilton membekuk Nicholas Truesdell (19), Jumat, lalu dan mendakwa dia melakukan  pencurian serta menggunakan kendaraan secara tidak sah. Truesdell diseret ke pengadilan Sabtu.

Pemerintah menyatakan ia memasuki rumah dengan empat kamar tidur melalui jendela belakang pada 16 Juni. Ia juga memakai komputer dan mengendarai mobil keluarga itu, Nissan Altima 2007, untuk berkeliling selama lebih dari 48 jam, seperti yang ia katakan bahwa ia "merasa seperti di rumah sendiri". (xinhua-oana/ant/rin)

 http://zanikhan.multiply.com/profile



AP Source: Jackson's will puts assets in trust

Posted: 30 Jun 2009 11:32 PM PDT

By RYAN NAKASHIMA, Associated Press Writer Ryan Nakashima, Associated Press Writer – 15 mins ago

LOS ANGELES – The first hints about Michael Jackson's final wishes surfaced Tuesday in a will he signed nearly seven years ago to the day, and although details won't be available until the document is filed in a court, there's nothing to indicate that its instructions are at odds with the hasty arrangements made by the singer's mother and father.

The will gives guardianship over his children to the singer's mother and leaves all his assets in a trust fund, a person with knowledge of the document told The Associated Press on Tuesday.

The will was signed on July 7, 2002, and named as executors Jackson's longtime lawyer John Branca and John McClain, a music executive and a family friend, said the person, who spoke on condition of anonymity because he was not authorized to speak on th...



AP Exclusive: Insomniac Jackson begged for drug

Posted: 30 Jun 2009 11:31 PM PDT

By LYNN ELBER, Associated Press Writer Lynn Elber, Associated Press Writer – 1 hr 50 mins ago

LOS ANGELES – Michael Jackson was so distraught over persistent insomnia in recent months that he pleaded for a powerful sedative despite warnings it could be harmful, says a nutritionist who was working with the singer as he prepared his comeback bid.

Cherilyn Lee, a registered nurse whose specialty includes nutritional counseling, said Tuesday that she repeatedly rejected his demands for the drug, Diprivan, which is given intravenously.

But a frantic phone call she received from Jackson four days before his death made her fear that he somehow obtained Diprivan or another drug to induce sleep, Lee said.

While in Florida on June 21, Lee was contacted by a member of Jackson's staff.

"He called and was very frantic and said, `Michael needs to s...



1.192 Siswa Terima Beasiswa YDSF

Posted: 30 Jun 2009 11:29 PM PDT

By Republika Newsroom
Senin, 29 Juni 2009

SURABAYA -- Sebanyak 1.192 siswa SD, SMP, dan SMA di Jawa Timur, Senin (29/6) menerima beasiswa dari Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF), Surabaya.
Penyerahan beasiswa senilai Rp414 juta itu dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Surabaya Eko Hariyanto, mewakili wali kota di Taman Prestasi, Surabaya. "Fokus kami kepada siswa yatim dan miskin (dhuafa), tapi banyak juga di antara mereka yang berprestasi," kata Humas YDSF Surabaya Pitono Nugroho didampingi stafnya Khoirul Anam.

Di sela-sela penyerahan beasiswa kepada lima perwakilan siswa SD, SMP, dan SMA itu, ia mengatakan, ribuan siswa penerima beasiswa itu terdiri atas 470 siswa SD, 517 siswa SMP, dan 205 siswa SMA. "Penerima beasiswa itu berasal dari Surabaya, Gresik, Madiun, Lamongan, Mojokerto, Tulungagung, Jember, Magetan, dan beberapa daerah lainnya di Jatim," katanya.

Sejak diberikan pada 2000, katanya, program beasiswa Pena Bangsa itu telah diterima ribua...



Michael Jackson Bokek dan Gampang Diporot

Posted: 30 Jun 2009 11:29 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

JAKARTA -- Di tahun-tahun terakhir hidupnya, Michael Jackson ternyata benar-benar tak memiliki uang, sering diporotin keluarganya, tak bisa mengurusi anak-anaknya, dan gampang diperalat oleh orang lain.

Fakta ini diungkapkan oleh Grace Rwaramba, sekretaris dan kemudian menjadi pengasuh anak-anaknya yang belasan tahun menemani Michael, kepada koran Inggris, News of the World, edisi 28 Juni 2009.

Grace Rwaramba, wanita yang paling dekat dengan Michael Jackson dan ketiga anaknya, sedang berada di London ketika berita tragedi kematian Michael meledak Kamis itu.

Saat dia bersiap terbang pulang ke AS untuk menenangkan ketiga anak yatim yang ditinggalkan Michael, Grace menerima telepon dari salah seorang keluarga Michael yang isinya sangat mengejutkannya.

Kepada wartawan News of the World, Daphne Barak, perempuan kulit hitam yang menjadi pengasuh anak-anak Michael itu berkata, "Kerabat (Michael) itu bilang, 'Grace, kamu ingat dimana Michael meny...



Androma, Kapsul Anti Kanker

Posted: 30 Jun 2009 11:29 PM PDT

By Republika Newsroom
Jumat, 26 Juni 2009

SURABAYA -- Guru besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr Drs Sukardiman, Spt, MSc menciptakan kapsul Androma yang merupakan obat antikanker dari bahan herbal (tanaman obat). "Androma itu perpaduan dari kata-kata Latin untuk sambiloto dan kunyit, karena ekstrak antikanker itu memang saya buat dari sambiloto dan kunyit," kata guru besar Fakultas Farmasi (FF) Unair Surabaya itu, Kamis (25/6).

Dalam konferensi pers menjelang pengukuhannya sebagai guru besar ke-375 di Unair (27/6), ia mengatakan, kapsul antikanker itu sudah diuji coba pada beberapa hewan  dengan hasil cukup signifikan, 60 persen mencegah pertumbuhan sel kanker. "Saya sudah bekerja sama dengan Poli Obat Tradisional RSUD dr Soetomo Surabaya untuk melakukan uji coba pada manusia mulai Juli 2009. Bila hasil uji coba sukses, maka kapsul herbal antikanker itu akan diproduksi untuk masyarakat umum," katanya.

Menurut dia, bahan baku Androma sesungguhnya ada di halama...



Stres di Awal Kehamilan, Kurangi BB Janin

Posted: 30 Jun 2009 11:29 PM PDT

By Republika Newsroom
Jumat, 26 Juni 2009

Stres saat bekerja dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir berat badan rendah. Demikian diungkap sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Public Health.

Para peneliti asal Belanda menganalisa jawaban dari 8.266 wanita hamil yang mengisi rangkaian pertanyaan mengenai pekerjaan dan lingkungan kerja. Penelitian membuktikan, bekerja selama 32 jam atau lebih per minggu dengan tuntutan yang tinggi selama tri semester awal kehamilan dapat berdampak pada berat badan bayi.

Kombinasi dari stres pekerjaan yang tinggi dan waktu bekerja yang panjang diyakini sebagai hal utama yang mempengaruhi penurunan berat badan janin dan risiko bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

"Meskipun umumnya para wanita hamil mengurangi waktu bekerja mereka atau tuntutannya pada akhir kehamilan, hasil yang kami peroleh justru mengungkap mengurangi jam kerja dan tuntutannya akan lebih bermanfaat pada awal kehamilan terutama diantara wanita yang memili...



Pemerintah Sediakan Beasiswa 6.000 Orang Setiap Tahun

Posted: 30 Jun 2009 11:28 PM PDT

By Republika Newsroom
Senin, 29 Juni 2009

SOLO -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo mengatakan, pemerintah setiap tahun rata-rata menyediakan anggaran untuk program beasiswa bagi 6.000 orang terdiri atas 4.000 orang di dalam negeri dan 2.000 orang di luar negeri. "Kuota beasiswa sebanyak itu disediakan untuk para dosen, baik yang mengajar di universitas swasta maupun negeri. Silakan berebut dengan sehat untuk mendapat kesempatan beasiswa tersebut," katanya saat pelepasan karya siswa dosen-dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah ke luar negeri di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (29/6).

Jumlah mahasiswa di Indonesia saat ini 4,5 juta lebih, 400 ribu di antaranya belajar di perguruan tinggi Muhammadiyah. "Ini jumlahnya paling banyak," kata Mendiknas. "Untuk itu kalau bantuan pendidikan yang paling banyak diraih Muhammadiyah, bukan karena Mendiknasnya dari Muhammadiyah, tetapi semua mendapat sesuai porsinya masing-masing."

Mendiknas juga meminta UMS...



Solusi Terpadu Stop Merokok

Posted: 30 Jun 2009 11:28 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

JAKARTA-- Apakah Anda perokok yang sudah sering mencoba untuk berhenti merokok namun tak kunjung berhasil? Tenang saja, bukan hanya Anda yang mengalami hal tersebut. Sekitar 70 % perokok yang ingin berhenti merokok hanya 5%-10% yang benar-benar dapat berhenti merokok.

Hal tersebut disampaikan dokter spesialis paru dari Klinik Berhenti Merokok Rumah Sakit Persahabatan, Dr. Ahmad Hudoyo, SpP(K). Hudoyo menjelaskan merokok merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan karena sifat adiktif nikotin. "Perlu niat yang kuat untuk berhenti merokok. Selain itu juga dukungan dari lingkungan sangat diperlukan," ungkap Hudoyo pada launching program Berhenti Merokok di Jakarta, belum lama ini.

Untuk mempermudah terapi berhenti merokok, PT. Pfizer meluncurkan obat yang mengandung Varenicline, zat aktif yang merupakan garam tartrat. Sifat zat ini agonis parsial dan sangat selektif pada reseptor, sehingga dapat membantu mengurangi gejala craving (ketagihan) ...



Seorang WNI Korban Pesawat Yemenia

Posted: 30 Jun 2009 11:27 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

JAKARTA-- Seorang wanita Indonesia berinisial RM ikut menjadi korban kecelakaan pesawat Airbus A310-300 milik perusahaan penerbangan Yaman, Yemenia, yang jatuh pada 30 Juni di laut dekat Kepulauan Comoros, Samudera Hindia. "Korban adalah pramugari yang bekerja pada perusahaan enerbangan tersebut. Saat ini belum ada informasi dari otoritas penerbangan Yaman mengenai nasib para korban karena pencarian sedang dilakukan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Rabu (1/7).

Faizasyah menjelaskan keluarga wanita asal Magetan, Jawa Timur, tersebut sudah diberi tahu mengenai kejadian ini. Pemerintah Indonesia sedang menjajaki kemungkinan untuk mengirimkan keluarga ke Yaman untuk mengetahui kabar terbaru mengenai anaknya.

Pesawat Airbus dengan nomor penerbangan IY 626 tersebut mengangkut 142 penumpang dan 11 awak pesawat. "Sejauh ini, baru seorang gadis berusia 14 tahun yang dilaporkan selamat dari kecelakaan tersebut....



Demonstran Iran Gunakan "Perangkat Lunak HAM"

Posted: 30 Jun 2009 11:27 PM PDT

By Republika Newsroom
Minggu, 28 Juni 2009

OTTAWA -- Lebih dari 18 ribu warga Iran mengunduh (download) suatu perangkat lunak (sofware) yang bisa "mengakali "sensor online". AFP melaporkan, haus kebebasan "online" di Iran, China, Myanmar maupun berbagai tempat di dunia telah mendorong berbagai teknologi untuk mengakali sensor berita dan situs-situs jaringan sosial Internet.

"Ini adalah jawaban atas kebutuhan untuk bisa mengakses informasi yang disangkal," kata pembuat perangkat lunak tersebut, Rafal Rohozinski.

Warga Iran yang marah karena Pilpres dimenangi kembali oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad, menggunakan Facebook, Flickr dan Twitter untuk berkomunikasi dan berkumpul.

Mereka juga mem-posting video kekerasan pasca pemilu maupun demonstrasi ke situs video seperti YouTube. Di sisi lain, pemerintah Teheran makin banyak memblokir akses ke jaringan sosial maupun berita Internet.

Perusahaan asal Kanada, Psiphon, membuat ribuan lubang kecil pada firewall komputer dan membuka pathw...



Kuping Kanan Lebih Baik

Posted: 30 Jun 2009 11:27 PM PDT

By Republika Newsroom
Sabtu, 27 Juni 2009

ROMA -- Para peneliti mengatakan jika anda ingin seseorang berbuat sesuatu, mintalah lewat telinga kanan. Para peneliti Italia menemukan bahwa orang lebih bagus memproses informasi jika permintaan diajukan lewat kuping kanan dalam tiga kali uji coba terpisah.

Mereka meyakini hal itu disebabkan karena sisi kiri otak, yang memang lebih baik dalam memproses permintaan, menerima informasi dari kuping kanan. Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal online Naturwissenschaffen.

Dalam penelitian pertama, 286 pengunjung klub dansa diamati saat berbincang sementara musik keras dimainkan. Secara keseluruhan 72 persen interaksi terjadi di sisi kanan pendengaran.

Dalam penelitian kedua, peneliti mendekati 160 pengunjung klub musik, membisikkan kata-kata yang tak bermakna dan menunggu sampel menolehkan kepala untuk menawarkan kuping kiri atau kanan. 
Secara keseluruhan 58% menawarkan kuping kanan kepada peneliti dan 42% menawarkan kuping kiri.

Dalam...



DPR Minta Pemerintah Ajukan Lagi RUU Utang

Posted: 30 Jun 2009 11:27 PM PDT

By Republika Newsroom
Selasa, 30 Juni 2009

JAKARTA -- Seorang anggota DPR Rama Pratama meminta pemerintah segera mengajukan kembali Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengelolaan dan Pemanfaatan Utang Pemerintah karena regulasi pengelolaan dan pemanfaatan utang dinilai kurang mampu mengakomodasi masalah utang pemerintah.

Regulasi setingkat UU memungkinkan utang yang ditarik pemerintah dilakukan dengan pengaturan pengelolaan dan pemanfaatan lebih jelas, terlebih utang pemerintah banyak ditutup oleh utang luar negeri seperti dari pinjaman siaga (standby loan), demikian Rama di Jakarta, Selasa."Krisis global yang mendorong utang luar negeri menempatkan kembali signifikansi RUU ini yang mengatur secara luas mekanisme pengelolaan dan pemanfaatan utang dibanding hanya PP yang lebih banyak mengatur soal-soal administratif," katanya.

Rama menyarankan pemerintah membentuk lembaga pengelolaan utang yang terintegrasi untuk mengatasi masalah daya serap utang, dan temuan-temuan biaya komitmen, sert...



Hindari Rokok, Biaya Nikah Gratis

Posted: 30 Jun 2009 11:27 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

RIYADH -- Sebuah lembaga amal di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, muncul dengan gagasan insentif untuk mendorong kaum muda menghentikan merokok yakni membayar semua biaya pernikahan.

Ratusan pria menyatakan tertarik dengan program anti merokok termasuk bukan perokok yang baru mulai dengan kebiasaan barunya sehingga dia akan ikut program ini. Spanduk di Riyadh berbunyi antara lain "Menghentikan kebiasaan merokok tergantung Anda, pernikahan bersama kami."

Di sebagian besar dunia Arab, calon pengantin pria memikul seluruh beban biaya pernikahan. Lembaga amal Purity menyebutkan, partisipan akan menyelesaikan tujuh hari kursus untuk berhenti merokok. Nama pemenang hadiah utama akan diputuskan dalam undian 6 Agustus. Sebanyak 20 pemenang akan mendapatkan mebel.

BBC
dalam laporannya mengatakan, tingginya biaya pernikahan bisa berarti bahwa pria Arab sering menundanya sampai memiliki tabungan cukup untuk mendapatkan pasangan.

Sejumlah pihak di Arab s...



Outsourcing Sulit Dihilangkan

Posted: 30 Jun 2009 11:26 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

DEPOK -- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Selasa, mengatakan sistem "outsoarcing" (kontrak lepas) dalam kegiatan usaha sulit dihilangkan.

"Sistem kerja "outsourcing" tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh para pengusaha," kata Sofyan dalam satu acara di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), di Depok, Selasa.

Ia mengatakan tidak semua proyek yang ada dikerjakan dalam jangka waktu panjang dan tidak semua perusahaan memiliki divisi yang khusus membidangi bagian terkecil, sehingga membutuhkan tenaga "outsourcing".

"Kalau bukan pekerjaan inti perusahaan, seperti petugas kebersihan atau keamanan, bisa dilakukan "outsourcing"," katanya.

Yang bisa dilakukan adalah, demikian Sofyan, mengubah, mengaturnya dan memperketat mengenai pesangon dan upah minimum.

Untuk itu, yang perlu dibenahi adalah sistem perundang-undangan mengenai tenaga kerja, mulai dari upah minimum regional hingga jangka waktu pekerja.

Selain i...



Irak Tawar Murah Permintaan Perusahaan Minyak Asing

Posted: 30 Jun 2009 11:26 PM PDT

By Republika Newsroom
Rabu, 01 Juli 2009

BAGHDAD -- Pemerintah Irak melakukan langkah berani dalam menghadapi perusahaan-perusahaan minyak asing dengan menawar rendah tawaran harga kontrak pengusahaan minyak mereka di enam ladang minyak utama Irak.

Perusahaan-perusahaan migas internasional ini lalu mencerca Irak dengan menolak ketentuan Irak bahwa eksploitasi minyak ini hanya demi membangun sektor minyak dan gas negara itu, dalam satu tender yang disebut yang pertama diberikan Irak dalam hampir empat dekade terakhir.

Proses tender berubah menjadi hampir olok-olok manakala Menteri Peminyakan Hussein al-Shahristani meminta perusahaan-perusahaan asing itu memasukkan kembali tawaran mereka setelah tawaran kontrak ditolak oleh perusahaan-perusahaan energi China, AS, Italia, Inggris, Belanda, dan Korea Selatan.

Kontrak jasa pertambangan yang ditawarkan Baghdad didasarkan ketentuan bahwa perusahaan-perusahaan itu hanya akan menerima komisi tetap per barel dari setiap minyak yang disuli...







Add a Comment
   




Copyright 2009 Multiply Inc, 6001 Park of Commerce, Boca Raton, FL 33487, USA
Stop e-mails, view our privacy policy, or report abuse: click here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar